Categories
Uncategorized

Eksostisme Pantai Tanjung Kelayang

Imajinasi Kamu tentang Bumi Laskar Pelangi tentu senantiasa menimpa tepi laut dengan bebatuan granit besar yang berdiri dipermukaan lautnya. Airnya jernih bergradasi biru toscha memperlihatkan terumbukarangnya yang masih sehat. Sebagian destinasi semacam Pulau Lengkuas, Batu Berlayar, Batu Garuda, serta Pulau Kepayang sudah menyuguhkan itu serta bisa dirangkum di dalam satu trip Kamu.

Tepi laut Tanjung Kelayang ialah salah satu tepi laut yang terletak di Kepulauan Bangka Belitung. Lokasinya terletak di Kecamatan Sijuk serta berjarak dekat 27 km dari Tanjung Pandan yang ialah bunda kota Kabupaten Belitung.

Tepi laut ini mempunyai puluhan batu granit raksasa, yang wujudnya sangat mirip dengan kepala burung garuda.[2] Bagi cerita rakyat setempat, batu tersebut dipercaya mempunyai kekuatan mistis. Nama“ Kelayang” dapat dikatakan ialah nama yang diambil dari salah satu tipe burung yang ada di tepi laut ini.

Pada bertepatan pada 15 Maret 2016, Tanjung Kelayang diresmikan bagaikan Kawasan Ekonomi Spesial( KEK) lewat Peraturan Pemerintah No 6 Tahun 2016, dengan aktivitas utama di bidang pariwisata. KEK Tanjung Kelayang dengan lahan seluas 324, 4 hektare ialah KEK ke- 9 yang diresmikan pemerintah hingga tahun 2016.

Tepi laut ini ialah salah satu posisi syuting film Laskar Pelangi di samping Tepi laut Tanjung Besar. Tidak jauh dari Tepi laut Tanjung Kelayang, wisatawan pula bisa menciptakan Pulau Lengkuas yang mempunyai mercusuar.

Hendak namun saat sebelum menjelajahi ke pulau- pulau indah di Belitung memakai klotok, Kamu wajib singgah terlebih dulu di Tepi laut Tanjung Kelayang, tepi laut dimana kapal- kapal ditambatkan menunggu datangnya turis buat menyeberang kepulau lain. Dikala awal kali menapakkan kaki di mari, bersiaplah terbuat terpukau dengan lansekap Tepi laut Tanjung Kelayang.

Pantainya membentuk teluk indah yang dipagari pepohonan kelapa serta cemara. Pasirnya luas serta ombaknya juga tidak ganas sehingga Kamu wajib menyempatkan diri bermain- main di tepi laut ini saat sebelum menyebrang kepulau- pulau lain.

Perpres No 79 Tahun 2011 menuliskan kalau Pelabuhan Tanjung Pandan Belitung diresmikan bagaikan salah satu dari 18 Pelabuhan diseluruh Indonesia yang diberikan kemudahan kepelabuhanan buat proses keluar serta masuknya kapal wisata. Tiap tahun tepatnya Oktober, Tepi laut Tanjung Kelayang dijadikan titik labuh kapal yacht yang lagi berlayar dalam aktivitas Sail Indonesia. Bermacam- macam event lain pula diselenggarakan di mari semacam lomba menyelam, festival maritim, lomba layang- layang, turnamen voli tepi laut se- ASEAN, serta masih banyak lagi yang lain.

Gagahnya Batu Garuda nampak jelas dari pesisir Tanjung Kelayang. Dinamakan demikian sebab wujud bantu tersebut menyamai kepala seekor burung. Konon panorama alam ini juga mempengaruhi nama Tanjung Kelayang, dimana” kelayang” sendiri ialah nama dari salah satu tipe burung.

Hamparan pasirnya begitu luas membentang 4 kilometer sampai ke Tanjung Besar. Panorama alam sisi barat sangat menarik memperlihatkan 3 pulau kecil yang spektakuler dikala Matahari terbenam. Tempat terbaik buat menikmatinya merupakan dari puncak bebatuan granit yang terletak di ujung semenanjung. Terdapat pula yang memilah menyaksikannya dari vila- vila yang terletak sekira 500 m dari semenanjung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *